Rabu, 22 Mei 2013

MURUNG RAYA

POTENSI PERIKANAN TANGKAP DI KABUPATEN MURUNG RAYA


Kabupaten Murung Raya adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan TengahIbu kota kabupaten ini terletak di Puruk Cahu. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Barito Utara pada tahun 2002 dengan luas wilayah 23.700 km² dan berpenduduk sebanyak 97.029 jiwa.

Geografis
Posisi Kabupaten Murung Raya pada 114 27'00" - 115 49'00" Bujur Timur dan 0 58'30" Lintang Utara - 1 26'00" Lintang Selatan.
Sebagian besar wilayahnya terletak pada ketinggian 100-200 m di atas permukaan laut dan sisanya pada ketinggian 400-500 m di atas permukaan laut.
Potensi terbesar wilayah ini ada pada sektor kehutanan dan pertambangan. Sektor kehutanan sudah cukup lama turut menyumbang pemasukan bagi negara sedangkan sektor pertambangan seperti tambang emas juga memberi andil yang cukup besar. Tambang batu bara mulai diproduksi yang nantinya diharapkan akan dapat memberikan pemasukan yang cukup besar bagi negara dan daerah.

Sektor Perikanan
Produksi ikan di Kabupaten Murung Raya berasal dari tangkapan di peraiaran umum serta hasil budidaya ikan dalam keramba dan kolam. Konstribusi subsektor perikanan ini terhadap PDRB sektor pertani pada tahun 2004 sangat kecil sebesar 0,77%.

Luas perairan umum relatif kecil yaitu 1.370 ha, yang terdiri dari perairan sungai 1.095 ha ( 79,93%) dan perairan danau 275 ha ( 20,07% ). produksi hasil tangkapan ikan di perairan umum pada tahun 2004 mencapai 160 ton, dengan jenis ikan tangkapan seperti jelawat, baung, patin, saluang, lais, tabiring , pipih dan jenis ikan lainnya. Potensi usaha perikanan dari hasil tangkapan ini ke depan relatif sulit untuk dipertahankan, mengingat wilayah perairan yang relatif kecil, semakin punahnya potensi perikanan pada beberapa sungai dan anak sungai di DAS Barito akibat pencemaran dan penangkapan ikan oleh masyarakat dengan alat tangkap seperti tuba/potas, strome serta alat tangkap lainnya yang kurang memperhatikan selektivitas hasil tangkapan.

Budidaya ikan dalam kolam di Kabupaten Murung Raya memberikan manfaat yang positif bagi pemenuhan konsumsi masyarakat akan ikan, meskipun usaha ini masih mengandalkan sumber air huj, dan luasan kolam masih skala kecil. Sampai tahun 2004 telah berkembang sebany 162 unit kolam dengan produksi sebesar 43 ton. Jenis ikanyang dominan dibudidayakan adalah ikan mas, nila, patin dan gurami. Usaha perikanan ikan dalam kolam di daerah ini merupakan usaha yang dikelola oleh masyarakat, sampai sekarang belum ada investor yang mengelolanya secara komersial.

Budidaya ikan dalam karamba juga memberikan manfaat yang positif bagi pemenuhan konsumsi masyarakat akan ikan, meskipin masih mengandalkan sumber air sungai dan danau, dan luasan karamba masih skala kecil. Sampai tahun 2004 jumlah unit karamba sebanyak 478 unit, dengan produksi sebanyak 68 ton. Pengusahaan ikan air tawar dalam kolam baik kolam air deras ataupun kolam pompanisasi, dan pemeliharaan dalam karamba merupakan peluang investasi yang prospektif, karena ketersediaan lahan yang masih luas, sumber mata air pegunungan yang tersedia banyak dan curah hujan yang tinggi sepanjang tahun. Kabupaten Murung Raya adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan TengahIbu kota kabupaten ini terletak di Puruk Cahu. Kabupaten ini merupakan pemekaran dari Kabupaten Barito Utara pada tahun 2002 dengan luas wilayah 23.700 km² dan berpenduduk sebanyak 97.029 jiwa.

Search page :

Searh by : Angga Saputra 
NIM       : 260103101300
District Regent : Murung Raya (Kalimantan Tengah)
email      : omangga30@ymail.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Informasi Perikanan Tangkap Kalimantan Tengah - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger