Kamis, 30 Mei 2013

PROFIL KALIMANTAN TENGAH



Provinsi Kalimantan Tengah yang beribukota di Palangka Raya terletak antara 0o45` Lintang Utara, 3o30` Lintang Selatan dan 111o Bujur Timur. Terletak diantara tiga Provinsi tetangga yaitu di sebelah Utara dengan sebagian Wilayah provinsi Kalimantan Barat dan kalimantan Timur, disebelah Timur dengan sebagian Provinsi kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, disebelah selatan dengan laut jawa dan disebelah barat dengan provinsi Kalimantan Barat.
Luas wilayah provinsi kalimantan Tengah tercatat 153.564 km2. Dengan adanya pembentukan 8 kabupaten baru yaitu sejak berlakunya UU No.5 Tahun 2002, provinsi kalimantan Tengah meliputi 13 kabupaten dan 1 kota. Kabupaten Murung Raya dan kabupaten Katingan merupakan kabupaten terluas, masing-masaing 23.700 Km2 dan 17.800 Km2 atau luas kabupaten tersebut mencapai 27% dari seluruh wilayah kalimantan Tengah.
Sebagian besar wilayah provinsi Kalimantan Tengah merupakan dataran rendah, ketinggianya berkisar antara 0 s/d 150 M dari permukaan air laut. Kecuali sebagian kecil diwilayah utara merupakan daerah perbukitan dimana terbentang pegunungan Muller-Schwanner dengan puncak tertingginya mencapai 2.278 M dari permukaan air laut.
Dengan 11 sungai besar dan kurang lebih 33 sungai kecil/anak sungai. Keberadaanya menjadi salah satu ciri khas provinsi Kalimantan Tengah. Sungai Barito dengan panjang mencapai 900 km dengan rata-rata kedalaman 8 M merupakan sungai terpanjang dan dapat dilayari hingga 700 Km.
Sebagai daerah yang beriklim tropis, wilayah provinsi kalimantan tengah rata-rata mendapat penyinaran matahari sekitar 60% pertahun. Udarany relatif panas yaitu siang hari mencapai 33OC dan malam hari 23oC, sedangkan rata-rata curah hujan pertahunnya relatif tinggi yaitu mencapai 200 MM.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright © . Informasi Perikanan Tangkap Kalimantan Tengah - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger